THE HYDRANT: TRANS-EUROPE RAMBLERS • ROCKABILLY GYPSY TOUR

Photo by Indra Gunawan.

Hari ini, 1 Juli 2017, tepat tengah malam nanti The Hydrant bakal meninggalkan Indonesia untuk tampil di dua festival kelas wahid: Pohoda di Slovakia serta Mighty Sounds di Ceko.

Di Indonesia sepertinya hanya segelintir orang—termasuk personel The Hydrant sendiri—yang ngeh segigantik serta seberapa keren Pohoda juga Mighty Sounds.

Publik ditanggung terhenyak saat disodorkan fakta bahwa Pohoda tahun ini berusia 20 tahun. Pada 2016 Pohoda yang berpopulasi rata-rata 30 ribu pengunjung masuk 10 besar Best Festival Line-up (bersanding dengan Glastonbury dan Primavera); Michal Kaščák, dedengkot Pohoda, tercatat dalam nominasi Award for Excellence & Passion (bersaing dengan seniman kawakan Damon Albarn, direktur Lollapalooza Berlin Fruzsina Szép, bos Eurosonic Ruud Berends); pula dipilih sebagai 1 dari 10 Best European Medium-Sized Festival (sejajar dengan Hideout, Let it Roll, Weekend, Azkena Rock, dsb).

Grup-grup musik dan artis-artis terhormat macam Public Enemy, PJ Harvey, Nick Cave & the Bad Seeds, Bjork, Portishead, Pulp, Moby, dll; pernah menjajal panggung Pohoda.

Untuk tahun ini, 6-8 Juli, pengisi acaranya tetap dengan konsep genre nan puspawarna di antaranya The Jesus & Mary Chain, Mark Lanegan, Slowdive, Alt-J, M.I.A, dsb.

Sementara Mighty Sounds kini menyentuh umur 12 tahun dengan rekor jumlah audiens mencapai 12 ribu orang. Di kategori festival punk rock beserta sub genrenya Mighty Sounds menjadi salah satu pagelaran terbesar di Eropa.

Daftar penampil pun impresif. Mulai dari Buzzcocks, Subhumans, The Aggrolites, Anti-Flag, The Casualties, Adolescents, Biohazards, hingga Batmobile.

Pada 2017 deretan musisi yang beraksi kian mencengangkan: Gogol Bordello, Cock Sparrer, Ignite, The Adicts, Agnostic Front, H2O, dan masih banyak lagi.

Kuartet asal Bali yang dikenal pula sebagai The Pompadour Four ini dijadwalkan tampil pada Jumat, 7 Juli 2017 di panggung utama Pohoda. Sedangkan di Mighty Sounds sendiri Marshello (biduan, harmonika, gitar), Adi (bas, vokal latar), Vincent (gitar utama), dan Chris (drum berdiri); akan bergoyang tepat seminggu berikutnya, 14 Juli 2017, di Lucky Hazzard stage—ajang beraksi band yang belum populer secara global namun dikategorikan punya masa depan gemilang.

 

Oh, sudah tahu belum bahwa penampilan The Hydrant di Pohoda ini sejatinya sudah yang kedua kali? Yang pertama pada 2009. Nanti akan dikisahkan!

Let’s roll the dice! Kickstart Trans-Europe Ramblers • Rockabilly Gypsy Tour!

−Foto di halaman depan adalah karya Abottsky.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *