One Million Facebook Fans Can’t Be Wrong

For English version please scroll down
SID - Army of a Million

Jujur, dulu kami tidak pernah membayangkan dunia maya (khususnya Facebook) akan menjadi ranah perang SID. Tapi seiring evolusi kultur dan peradaban, tampaknya kami memang tidak bisa memandang remeh fenomena ini. Dan sejak dua tahun terakhir kami pun memutuskan untuk sebisa mungkin me-maintain keberadaan kami di ranah maya. Hasilnya pun cukup signifikan dan banyak sekali benefit yang didapat. Terutama dalam proses pembelajaran dan penyampaian informasi

Demikian JRX, punk rock prince charming, fungsionaris beduk Inggris Superman Is Dead, sumringah mengawali mukadimah tentang prestasi luar biasa yang diraih grup musiknya. Wajib diketahui oleh publik bahwa trio asal Bali ini jumlah penggemarnya di situs jejaring sosial baru saja Oktober lalu mencapai sejuta orang. Fenomena sedemikian rupa oh-sungguh pantas disebut menakjubkan sebab JRX, Bobby Kool (biduan, gitar), dan Eka Rock (bas, vokal latar), terbilang jarang muncul di riuh rendah acara musik pagi-pagi di tivi, lebih rajin beraksi di panggung-panggung yang relatif sepi kamera televisi. Padahal dominan penggiat dunia hiburan terlanjur percaya dengan anggapan bahwa semakin sering hadir di tivi—apalagi bagi band yang berdomisili jauh dari Jakarta yang notabene adalah sentra dunia hiburan Nusantara—maka semakin lebar peluang meraih bintang dan menjadi tenar. Kongregasi musisi yang sudah berdiri sejak 1995 di Denpasar ini sukses membuktikan bahwa teori tersebut tak sepenuhnya sahih. Tanpa rutin memperlihatkan diri di televisi pun tetap saja mungkin menjadi populer—bahkan menggaet simpati sejuta fans di Facebook. Bukan, “Jakartasentris” bukan harga mati.

Kami bukan tipe band yang selalu sibuk membicarakan diri sendiri, terkadang wacana yang kami angkat memang di luar konteks musik (HAM, fanatisme, lingkungan, dll) dan ini kadang memancing kontroversi. Dan di sini kami (atau siapa pun yang bergabung di FB kami) bisa banyak belajar. Yang tidak tahu menjadi tahu. Perdebatan panas juga tak jarang meletus di sini. And that’s the beauty of it. FB SID tidak sekedar menjadi alat promosi band tapi juga menjadi media pembelajaran untuk siapa saja, termasuk untuk personil SID sendiri

Begitu lanjut JRX bak hendak meyakinkan khalayak bahwa promo bertendensi eksibisionis—istilah anak muda sekarang: Narsis—yang masih melimpah diterapkan oleh selebritas dalam negeri terbilang strategi usang. Justru lewat diskusi “panas” yang (seolah) non-kontekstual impresi yang muncul dari publik, aneh/lucu/menariknya, berujung positif. Intensitas SID membahas isu humaniora serta ekologi berbalik menjadi magnet nan magis. Tumbuhkembang outSIDers/Lady Rose (sebutan spesial bagi pencinta SID) yang duh-sungguh agresif malah merupakan akibat dari debat eksplosif perihal ingkar-musikal. Bisa jadi para anak muda tersebut terkesan amat dalam bahwa personel SID, selain cool secara tampak luar, peduli pada kejadian mutakhir di sekitar—efektif menerbitkan kesan cendikia di mata penggemar. Conscious punk rockers, yes sir.

Simak terus manuver pintar-berbahaya berikutnya dari Superman Is Dead di situs mereka: www.supermanisdead.net atau buru berita terbarunya via Facebook.

SID - One Million Fans
Photo: UPN Band Veteran
English version

A few weeks ago, the biggest punk rock band in Indonesia, Superman Is Dead, reached a significant record: One million fans on Facebook. This phenomenon is considered even more impressive due to the lack of SID’s appearances on television, proving that plenty of block-rockin’ concerts and a little word of mouth is all it takes for succes on this scale.

JRX, the drummer and spokesman for the band stated that their interaction with outSIDers/Lady Rose (their special name for the fans) is not always about the music or promoting their current activities. Sometimes discussing humanities and ecology—in a few case the discussion can get very heated. “But that’s the beauty of it,” he added.

According to JRX, Bobby Kool (vocal, guitar), and Eka Rock (bass, backing vocal) the Facebook succes only goes to show that television is not everything, and that you don’t need to move to Jakarta (a.k.a. the centre of Indonesia’s entertainment industry) to find stardom. There’s no such thing as “Jakartacentric”. And their intense and caring relationship with fans on Facebook has proven their theory.

Stay connected with Superman Is Dead by checking out their website: www.supermanisdead.net or search them on Facebook, of course.

SEE ALSO
Superman Is Dead: Anarchy for the Nation
1997-2009: The Early Years, Blood, Sweat, and Tears
Superman Is Dead: Semangat Pantang Mundur & Seni Mengelola Ego
Superman Is Dead: The Vinyl Frontier
Superman Is Dead ~ Black Market Love
Superman Is Dead ~ The Hangover Decade

_________________

This article was originally published on The Beat Jakarta #26, November 2010

45 thoughts on “One Million Facebook Fans Can’t Be Wrong

  1. saya setuju dengan kata kata anda

    Superman Is Dead telah membuktikan bahwa tanpa sering masuk TV mereka pun bisa bersaing bahkan melebihi dari band yang sering masuk TV

    maju terus buat Superman Is Dead
    keep your spirit

    salam outSIDers depok

  2. This “great” come from bali, i have been know SID from 6 year ago. beautiful liric, beauiful coment and beautiful skill from they are. keep rock on ur punk genre guys, i’ll be waiting ur next album … punk never die !!!

  3. Pantang mundur blii .

    tidak semua band bsa terkenal berkat acara TV .

    yang lebih penting kalian bsa membangkitkan jiwa anak bangsa khusus’a para outsiders .

    kami di sni selalu menjadi penggemar setiamu .

    jika kami bersama angkat botol minuman dan mari kita bersulang .
    ”CHEERS”

    WE ARE OUTSIDERS TANGERANG .

  4. Setuju…. Segala hal yang dapat memicu proses belajar… N blajar secara natural akan lebih hidup….. Ku suka ini…. 🙂 pertarungan abadi… Dan terus belajar, tahu, dan lebih tahu hingga paham…

  5. maju truz….teriakkan nada2 perlawanan…..!!!!!!!!!!!!!!!!….

    viva SID………………….!!!!!!!!!!!!!!

    outSIDers MAKASSAR……………….!!!!!!!!!!!!

  6. aku suka cara berfikir kalian.. dan lakukan yg terbaik yang bisa kalian lakukan,.. biarlah anjing menggonggong musik terus berputar bersama doa !!

  7. tapi tv media yang paling jitu untuk berpromosi walaupun sid jarang tampil di tv tapi sid pernah dan malah agak sering menurut saya karena sid band punk rock dari pada band punk ruck yang lain …… maaf ini pendapat saya hehehee

    keep suuport your band locall……………………

  8. great…
    I’m ur Lady Rose SID…
    always be ur Lady Rose 4ever..
    jgn pnah brubah dgn pa yg sudah xan py skarang…
    ttp konsisten dgn smua yg xan py s’t niy…
    qt ska dgn SID krn SID bda dgn band2 lannya…
    CHEERS!!!!!!!!!!!

  9. Selamat ya buat SID, pesen gw buat SID : jangan lupakan sejarah dan latar belakang kalian bermusik, kalian mengusung musik punk rock yang artinya kalian harus konsisten dengan perlawanan dan perjuangan melawan kemunafikan. Saya dulu adalah die hard kalian, saya bahkan dulu di tahun 2005 terbang Jakarta-Bali hanya untuk ketemu sama Bobby, tapi belakangan saya merasa simbol perlawanan itu sedikit luntur. Musik kalian menjadi lebih pop, easy listening, lirik-lirik bermuatan kritik sosial berkurang, memang fans kalian jauh lebih banyak dibanding pertama saya kenam kalian di album Kuta Rock City, tapi justru itu harusnya menjadi sarana untuk menyampaikan pesan dari kaum “underground” dan meneruskan penyebaran wabah musik non-mainstream yg diharapkan bisa mengurangi jumlah alay di Indonesia, bukannya justru alay-alay itu yg jadi fans SID.

    Maju terus dalam berkarya SID, jangan pernah sombong !!!

  10. Musik tidak hanya soal menyanyi tapi masih banyak yang dapat digali didalamnya, sukses buat Superman Is Dead dan semua anak Indonesia….

  11. inilah semangat ideologi punk sebenarnya, fakta di lapangan mereka buktikan dan itu jelas (sosial, ekonomi, politik, budaya, bahkan agama).
    belajar bersama, belajar untuk semua.

    terima kasih pakde Rudolf Dethu. 🙂

  12. thats cool guys…..
    SID mang udah mendarah daging bro…. meskipun jarang nongol di tv tp buanyak yg mengenal kalian…
    seeeppp….. keep up the gud job…. cheers, beers….. n rock n roll…..

  13. ya , sid band yang sya suka, ga perlu banyak bicara tp apa adanya dri diri kita,
    sprti lrik kau pikir kau slalu menang mndekati tuhan , tpi kau tak pernah tahu apa yg kulalui tentang khidupan , hehe ,,, sid is the best

  14. I do agree with you….before I don’t like the punk band,..since my husband introduce SID,…now I really love this band,…….

  15. jgn pernah menyerah untuk berkarir !
    outSIDer dan Lady rose akan mendukung mu !
    god bless you

    we are outSIDer !
    CHERRSSSS”

    salam dari outSIDer & Lady Rose purwakarta

  16. Untuk menjadikan suatu perubahan emang g’ sedikit masalah dan kontroversi yang datang..justru masalah itu lah yang kan mengangkat Derajat SUperman Is Dead…
    Maju terus SID…!!!!

    Outsiders & Lady Rose Padang

  17. jaga trus hal ini agar trus tumbuh dan berkembang menjadi bunga yang semerbak dan tak akan pernah mati malah akan trus berkembang dan trus berkembang!!! jaga jangan sampai ada kesalahan sedikitpun.begitu pula untuk seluruh outSIDer dan LADYrose seluruh dunia agar menjaga citra kita semua!!!
    cheeeerrrrsss……….
    untuk SID, kyaknya ada yang kurang dari kalian….gk usah jauh2 menabuh gendrang untuk membangkitkan jiwa perlawanan kalian sampai ke jakarta atau ke USA tapi ada sebuah tempat yang haus untuk menunggu tabuh gendrang kalian di BALI yakni KLUNGKUNG!!!!
    pemuda dan pemudi kota KLUNGKUNG telah haus dan kehilangan semangat untuk melawan kebencian dunia, kuatkan mereka lagi dengan irama – irama keras beralunan liric cinta dan perjuangan dari jiwa kalian untuk membangkitkan semangat merek lagi!!!

  18. Pertama kali mengenal SID di Senayan, sekitar tahun 2000-an, saya kagum dengan Trio Pemuda Bali yg Muda, Tampan dan Berbahaya ini, lagu mereka saat itu Punk Hari Ini membius saya utk mencari tau lbh dalam siapa Tiga Pemuda ini.
    Sayang, dulu belum ada FB untuk media bersosialisasi dgn Fans. smp akhirnya FB muncul dan Cinta saya pada SID semakin Tumbuh, kuat hari demi harinya..
    Menurut saya, lagu2 kalian masih meneriakan Perlawanan, jauh dari kata Alay seperti salah satu komentar diatas.
    Bisa dirasakan di Lagu Luka Indonesia, Kita vs Mereka. and next song spt kata Jrx Api Kartini semoga bisa membakar para Ladyrose utk menjadi kuat dan para osd utk menghargai wanita.
    thanks Bli Dethu notes yg “kena banget”, sayang waktu mau foto di javarock sy terlambat, bli sdh pergi 🙂

    Love U Bli Bobby, Papa Yok, Uncle Ary.
    tetaplah jadi Tiga Pemuda Bali yang Ramah, rajin sembahyang dan Rajin ke salon 🙂

  19. outsider wonosobo tak pernah lelah menanti SID manggung di kota kami..marilah bersulang utk kemenangan SID!!!CHEERS…

  20. walawpun gua beda genre sma kalian,,,,,,,gua tetap setia jadi fansmu…n kata katamu merasuk ke saraf otakku….semangat SID…..!!!!!!!!!!!!

  21. walau saya terlalu bodoh untuk berpendapat tapi saya berharap superman is dead adalah band favorit sepanjang masa. terima kasih buat pakde jerinx, pakde bobby, dan pakde eka, karena kalian telah membuat saya mencintai superman is dead, dan teman teman saya lewat lirik lirik lagu kalian saya bisa menyanyikannya, sekali lagi trima kasih pade!! tak lupa juga terima kasih http://www.rudolfdethu.com,

  22. klo g ada kalian..SID.
    …apa bisa gw menerapkan hidup yg ada d.isi lagu klian….
    lg klian memang membangunkan..kebersamaan dan indahnya perbedaan…

  23. sbg orang bali, saya merasa bangga,,,selain krna band ini berasal dr pulau kecil ini, diluar itu saya mengagumi smua movement yg dilakukan,,,they are real punk rock band,,,

    tetaplah seperti ini, untuk JRX, tlong tarif kirim barangnya jgn dinaikin,,,klo gk diturunin saya terpaksa pndah ke supir truk yg lain:)

  24. S.i.D jeg mantap dan satu lagi Superman Is Dead jGa prnah menjadi wakil ASIA dlam ”VANS WARPED TOUR” di AMERIKA yaitu kontes musik terbesar di DUNIA . . .

  25. i like SID
    jiwa ku ter bngun dnan sair-sair yg mbankitkan smangat
    kni kbranian dan mental terbangun
    thenxs for you
    SID is the best to forever

  26. bantai kecengengan,bunuh kesedihan dgn trz brdoa,brusaha,dan bkerja keras,serta dengarkan nyanyian SID 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *