Max Havelaar – Tumaritis

Max-Havelaar-tumaritis-mnpg

Setelah menyelesaikan seluruh proses rekaman, akhirnya Max Havelaar akan mengeluarkan debut full albumnya di awal Februari 2016. Debut album yang berisikan 9 lagu akan dilepas dalam bentuk fisik dan digital. Setelah melepas single “Suara Kita Suara Tuhan”, Max Havelaar mengeluarkan single “Tumaritis” untuk perkenalan debut albumnya. Lagu Tumaritis yang berdurasi 6 menit 57 detik ini direkam dengan memakai musisi tamu: Akbar dari Efek Rumah Kaca di drums dan Ria Septiani dari AreYouAlone di suara langgam. Lagu ini dimixing oleh Ario Hendarwan, dimastering oleh Indra Q dan artwork dikerjakan seniman dari Bandung: Rere.

Lirik lagu “Tumaritis” adalah tentang pertanyaan dan kegundahan tentang bagaimana konsep perikehidupan yang sering kita terima seringkali berseberangan dengan kondisi yang kita hadapi. Dari dulu kita banyak menerima cerita dari orang tua, guru,buku-buku dan kitab-kitab tentang kerukunan, keramahan dan kehebatan bangsa kita. Tapi ketika kita dihadapkan dengan berbagai peristiwa pembunuhan, perusakan dan pelarangan atas nama politik, agama dan moral, banyak pertanyaan yang terus menggantung di benak kita.

Tumaritis adalah mitologi di dalam dunia pewayangan yang secara turun temurun di turunkan oleh leluhur kita. Tumaritis adalah tempat idaman dimana semua kebaikan (juga keburukan) hidup berdampingan secara harmonis. Tumaritis adalah tempat dimana kita bisa hidup ideal, berdampingan satu sama lain tanpa pernah merasa takut akan perasaan untuk ditindas

Tumaritis adalah harapan….

Untuk memperdengarkan, silahkan ke: www.suaramaxhavelaar.com

Tulisan di atas disalin langsung dari rilis pers resmi Max Havelaar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *