ICEMA: Hitungan Menurun Menuju Pemilihan Kampiun

Setelah melewati 2 periode, 29 April hingga 29 Mei memilih lima band paling favorit di masing-masing kategori, 29 Mei sampai 29 Juni menyeleksi siapa-siapa yang berhak masuk nominasi, maka ajang festival musik bertajuk ICEMA (Indonesia Cutting Edge Music Awards) kini telah memasuki tahap akhir yaitu pengumuman nama-nama pemenang.

Dari sedemikian berlimpah partisipan yang turut serta memberikan suaranya dalam kompetisi musik bukan mainstream—belakangan dikenal juga dengan sebutan cutting edge—ini, akhirnya yang dianggap sah alias sesuai prosedur tinggal 42 ribu orang saja. Ketua Panitia ICEMA 2010, Adhi Djimar, menegaskan, “Yang memilih lebih dari 42 ribu orang, tapi mereka yang tidak verifikasi ulang tidak kami hitung.”

Yang relatif mencengangkan, dari rentang umur para voter, jumlah terbanyak berada di kisaran 16 – 24 tahun, diikuti 25 – 34 tahun, serta 35 – 40 tahun bertengger di urutan ketiga. Simak komentar Adhi, “Kami tidak menyangka yang usia 35 – 40 tahun bisa mendapat porsi yang cukup banyak. Itu juga kami masih bingung, mereka itu entah teman-teman pemilih, entah siapa.”

Sementara itu, raihan penghargaan selain ditentukan dengan banyaknya jumlah voting via dunia maya, tim juri yang tergabung dalam Dewan Kategorisasi akan menetapkan juga juara menurut versi mereka sendiri yang terbagi dalam 3 klasifikasi: Best Album, Lifetime Achievement, pula Most Inspiring Artist. “Bukannya kami tak percaya pada penilaian publik, tapi kami takut hasilnya akan bias,” jelas ketua Dewan Kategorisasi, Denny Sakrie, tentang pengelompokan khusus tersebut.

Acara puncaknya sendiri akan dilangsungkan pada 18 Juli 2010 di di Epicentrum Walk dengan penampil: Tika and The Dissidents, The Upstairs, Goodnight Electric, Burgerkill, dan Pure Saturday. Berikut adalah sebagian kecil dari kategori yang dilombakan beserta salah satu bakal kampiunnya: Favorite Alternative Song (Efek Rumah Kaca – Kenakalan Remaja di Era Informatika), Favorite Singer – Songwriter (Frau – Mesin Penenun Hujan), Favorite Reggae and Ska Song (ShaggyDog – Honey), Favorite Folk/Country Song (Dialog Dini Hari – Pagi), Favorite Blues Song (Gugun and Blues Shelter – When I See You Again), Favorite Artwork for Album (The Upstairs – Magnet! Magnet!), dan lain-lain. Untuk nominasi lengkap silakan pergi ke situs resminya: http://www.icema.co.id

Revolusi. Sekarang. Ya, sekarang.

*Tulisan ini pertama kali saya tayangkan di majalah The Beat Jakarta edisi Juli 2010
*
Foto Efek Rumah Kaca oleh Satria Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *